Rabu, 10 November 2010

Wisata UMBUL KENDAT



       










        



       Umbul dengan sumber air yang sangat jernih ini berlokasi sekitar 15 km arah timur Boyolali Kota .Tepatnya di Desa Plumbungan, Dukuh, Banyudono, Boyolali. Selama ini telah menjadi obyek wisata spiritual karena berada di bekas Kerajaan Pengging dan memiliki arti khusus bagi peziarah.
Potensi wisata banyak dimiliki Kabupaten Boyolali sehingga butuh perhatian serius pemerintah kabupaten setempat seperti di Umbul Kendat yang ada di Desa Plumbungan,  Dukuh, Kecamatan Banyudono.
Umbul kendat yang berarti mengalir terus ternyata dalam sejarahnya juga berhubungan dengan kerajaan Majapahit. Di lokasi tersebut terdapat satu makam yang masih keturunan Prabu Brawijaya V Raja Majapahit. Menurut kepercayaan warga setempat, makam tersebut adalah makam Dyah Ayu Sekar Kedaton anak prabu Brawijaya ke 42 yang hilang karena kecewa setelah keinginanya menjadi istri bupati Pengging Kebo Kenonggo ditolak.
Hingga saat ini, Umbul Kendat masih sering dikunjungi para pesiarah dari luar daerah seperti Bali, Jakarta, Sumatra, Bandung dan Semarang. Bahkan menurut juru kunci umbul kendat, Marjaelani (55), mantan presiden RI Megawati Soekarnoputri dan Ketua Gerindra Prabowo Soebiantoro pernah mengunjungi umbul tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar